BREAKING NEWS

Rabu, 22 Januari 2014

Perkembangan Pemutar Musik Portabel dari Masa ke Masa

Bagaimana perkembangan pemutar musik portable dari masa ke masa?

Musik saat ini sudah menjadi bagian dari hidup kita. Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Beruntunglah pada masa sekarang ini sudah banyak sarana pemutar musik, mulai dari yang berukuran besar sampai yang portabel. Dengan adanya pemutar musik yang portabel ini, kita dapat mendengarkan musik di manapun dan kapanpun. Hmm, ngomong-ngomong bagaimana sih perkembangan pemutar musik sampai ada pemutar musik yang portabel ini?

Pemutar musik portabel yang pertama dipasarkan adalah Walkman milik Sony. Pada tahun 1979, Sony memasarkan Walkman seri pertama yang dinamai TPS-L2. Walkman ini sendiri adalah pemutar kaset yang bersifat on-the-go, artinya dapat digunakan sambil melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Walkman tersusun atas sebuah pemutar kaset mini bertenaga baterai lengkap dengan headphone-nya. Walkman yang berukuran sedikit lebih besar dari kaset pun menjadi sangat digemari pada masa itu. Sejak itulah pemutar kaset portabel mulai bermunculan.

Seiring dengan munculnya CD, Sony juga tidak ketinggalan meluncurkan pemutar CD musik portabelnya. Perangkat tersebut dikenal dengan Discman. Memiliki konsep yang sama dengan Walkman, Discman mulai dipasarkan pada tahun 1984. Sayangnya, perangkat Discman ini masih kalah pamor dari Walkman. Penyebabnya, komponen yang digunakan untuk membaca CD ternyata sangat rentan terhadap goncangan. Akibatnya, Discman sering mengalami gangguan saat digunakan sambil melakukan berbagai aktivitas.


Menjelang tahun 2000-an, era musik digital dimulai. Mulai tahun 1997, pemutar musik portabel berbasis MP3 pun mulai bermunculan. Mungkin di antara kamu juga ada yang memilikinya sampai sekarang. Namun, perangkat yang berhasil membuat musik digital menjadi booming tak lain adalah perangkat iPod buatan Apple. Pada tahun 2001, iPod pertama meluncur di pasaran. Kemunculan iPod ini juga diikuti dengan kehadiran toko musik iTunes. 

Dua hal inilah yang membuat iPod menjadi sangat fenomenal, dan tren musik mulai bergeser ke arah music digital. Saat ini, pemutar musik digital portabel pun sudah semakin menjamur. Bahkan kini ponsel dan beberapa gadget kita juga sudah memiliki kemampuan memutar musik. Hmm, mendengarkan musik jadi lebih mudah deh.

Share this:

Posting Komentar

 
Back To Top
Copyright © 2014 ODED TEKNO NEWBIE. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates